Dalam hal ini penjual akan
menentukan untuk membuat produk pakaian sehari-hari dalam aktivitas, bisa untuk
pergi,kuliah,kerja dan main
1.Menentukan modal
Penjual harus memulai dari budget
mempunyaibudget cukup untuk membuat produk yang sangat bermanfaat untuk
masyarakat, dari budget penjual menentukan akan membuat produk apa dan sasaran
dalam produk ini untuk kalangan seperti apa.
2.. Biaya pembelian bahan
Penjual
menentukan harga jual berdasarkan biaya
bahan saja. Penjual harus melihat naik dan turunnya harga bahan, harga
bahan jangan mengacu pada harga bahan yang dibeli saat ini. Lihat perbandingan
harga pasar dari yang termurah hingga termahal. Ini penting sekali agar ketika harga bahan naik, tidak
kewalahan dalam menentukan harga jual produk saat terjadi kenaikan harga. Kan
gak mungkin juga naik turunkan harga produkmu hanya gara-gara harga bahan yang
tidak stabil. Beberapa produk biasanya tidak tiap bulan membeli bahan.
Kadang belinya beberapa bulan sekali tapi langsung banyak.
3. biaya tenaga kerja
Untuk bisa memproduksi bahan harus
membutuhkan tenaga kerja untuk membuat suatu bahan menjadi pakaian, disini
penjual bisa membandingkan harga untuk menjahit pakaian ditempat yang lain
sesuai dengan budget, dan biaya tenaga kerja untuk membuat hasilnya
4. Promosi
Promosi adalah bagian penting dari
usaha penjualan produk, maka sejak awal harus ada alokasi dana untuk promosi
produk. Rata-rata penjual sering mengabaikan biaya ini sehingga tidak masuk
dalam perhitungan harga jual. Terkadang harga jualnya sangat murah tetapi tidak
mampu untuk biaya promosi.
5. Keuntungan\
Setelah dana sudah ditentukan,
biasanya kita akan melihat keuntungannya dari berapa persen hasil yang kita
jual. Terkadang ada produk yang memang sanga lari atau permintaan sangat banyak
sehingga harga perlu sedikit mahal karena dengan permintaan yang banyak kita
sebagai penjual mengerjakan secara detail. Tetapi ada yang menjual cukup murah
tetapi dapat terjual banyak.
6. Biaya lain-lain
Biaya ini penjual siapkan untuk
kebutuhan yang tak terduga, dimana terdapat permasalahan produksi, harga bahan
melonjak, mesin penjualan mati, atau kalau yang menjual produk di online
handphone rusak. Jadi kita harus menyiapkan biaya cadangan agar kita tidak
kewalahan dalam menghadapi permasalahan yang tidak terduga .
7. Harga jual pasar
Dalam menjualkan produk kita harus
mengetahui harga lawan atau competitor. Untuk menghindari kelebihan competitor penjual
harus mengetahui kekurangan competitor. Setidaknya untuk menentukan harga jual
produk, kamu perlu tahu berapa harga jual kompetitor. Jika jauh lebih murah
dari produkmu, maka kamu harus tahu bagaimana cara menentukan harga jual
produknya. Bahannya darimana sehingga bisa murah.
8. Mengenal harga
jual pembeli
Tergantung dalam hal ini sasaran
utamanya untuk kalangan seperti apa. Jika sasaran kita produk untuk menengah
kebawah penjual harus mencari bahan sesuai dengan menengah kebawah karena pasti
akan memperhatikan masalah harga. Biasanya pembeli akan melihat harga dan
membandingkan harga dengan competitor, penjual harus bisa melihat kekurangan
yang ada di competitor. Jika menengah atas biasanya harga tidak dipermasalahkan
yang terpenting adalah kualitas dari produk tersebut . Maka untuk menyasar
kalangan menengah ke atas, penjual harus benar-benar mempertimbangkan budget tambahan
untuk pelayanan dan perbaikan kualitas produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar