Kamis, 09 April 2020

Dalam hal ini penjual akan menentukan untuk membuat produk pakaian sehari-hari dalam aktivitas, bisa untuk pergi,kuliah,kerja dan main
1.Menentukan modal
Penjual harus memulai dari budget mempunyaibudget cukup untuk membuat produk yang sangat bermanfaat untuk masyarakat, dari budget penjual menentukan akan membuat produk apa dan sasaran dalam produk ini untuk kalangan seperti apa.

2.. Biaya pembelian bahan
            Penjual menentukan harga jual berdasarkan biaya  bahan saja. Penjual harus melihat naik dan turunnya harga bahan, harga bahan jangan mengacu pada harga bahan yang dibeli saat ini. Lihat perbandingan harga pasar dari yang termurah hingga termahal. Ini penting sekali agar ketika harga bahan naik, tidak kewalahan dalam menentukan harga jual produk saat terjadi kenaikan harga. Kan gak mungkin juga naik turunkan harga produkmu hanya gara-gara harga bahan yang tidak stabil. Beberapa produk biasanya tidak tiap bulan membeli bahan. Kadang belinya beberapa bulan sekali tapi langsung banyak.
3. biaya tenaga kerja
            Untuk bisa memproduksi bahan harus membutuhkan tenaga kerja untuk membuat suatu bahan menjadi pakaian, disini penjual bisa membandingkan harga untuk menjahit pakaian ditempat yang lain sesuai dengan budget, dan biaya tenaga kerja untuk membuat hasilnya
4. Promosi
            Promosi adalah bagian penting dari usaha penjualan produk, maka sejak awal harus ada alokasi dana untuk promosi produk. Rata-rata penjual sering mengabaikan biaya ini sehingga tidak masuk dalam perhitungan harga jual. Terkadang harga jualnya sangat murah tetapi tidak mampu untuk biaya promosi.
5. Keuntungan\
            Setelah dana sudah ditentukan, biasanya kita akan melihat keuntungannya dari berapa persen hasil yang kita jual. Terkadang ada produk yang memang sanga lari atau permintaan sangat banyak sehingga harga perlu sedikit mahal karena dengan permintaan yang banyak kita sebagai penjual mengerjakan secara detail. Tetapi ada yang menjual cukup murah tetapi dapat terjual banyak.
6. Biaya lain-lain
            Biaya ini penjual siapkan untuk kebutuhan yang tak terduga, dimana terdapat permasalahan produksi, harga bahan melonjak, mesin penjualan mati, atau kalau yang menjual produk di online handphone rusak. Jadi kita harus menyiapkan biaya cadangan agar kita tidak kewalahan dalam menghadapi permasalahan yang tidak terduga .
7. Harga jual pasar
            Dalam menjualkan produk kita harus mengetahui harga lawan atau competitor. Untuk menghindari kelebihan competitor penjual harus mengetahui kekurangan competitor. Setidaknya untuk menentukan harga jual produk, kamu perlu tahu berapa harga jual kompetitor. Jika jauh lebih murah dari produkmu, maka kamu harus tahu bagaimana cara menentukan harga jual produknya. Bahannya darimana sehingga bisa murah.

8. Mengenal harga jual pembeli
            Tergantung dalam hal ini sasaran utamanya untuk kalangan seperti apa. Jika sasaran kita produk untuk menengah kebawah penjual harus mencari bahan sesuai dengan menengah kebawah karena pasti akan memperhatikan masalah harga. Biasanya pembeli akan melihat harga dan membandingkan harga dengan competitor, penjual harus bisa melihat kekurangan yang ada di competitor. Jika menengah atas biasanya harga tidak dipermasalahkan yang terpenting adalah kualitas dari produk tersebut . Maka untuk menyasar kalangan menengah ke atas, penjual harus benar-benar mempertimbangkan budget tambahan untuk pelayanan dan perbaikan kualitas produk.

9. Harga Berdasarkan Jenis Produk

Produk yang sama, boleh jadi harganya berbeda. Kadang perbedaannya hanya di kemasan saja. Bahan-bahan, cara pembuatan semua sama, hanya desain kemasan beda, harga bisa berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar