“Aspek Pemasaran Dalam
Berwirausaha"
Aspek Pemasaran adalah
faktor penting yang dijadikan sebagai kunci dari keberhasilan perusahaan
khususnya dalam memetakan pasar. Aspek pemasaran dalam pengelolaan usaha yang
dirancang dan diperhatikan sebelum kita memulai usaha. Analisis aspek
pemasaran dilakukan untuk melihat dan menganalisis kebutuhan pasar agar
strategi pemasaran yang akan dirancang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.
Jika permintaan terhadap produk/jasa yang dibuat kurang memadai seluruh
kegiatan aspek-aspek yang lain tidak akan terwujud. Jika prospek permintaan
terhadap permintaan produk lebih kecil dari peawarannya maka sistem produksi
produk tersebut tidak layak dilaksanakan. Jika market space masih tersedia maka
perlu diselidiki apakah pasar masih mampu menampung produk baru yang
direncanakan. Untuk mengetahui potensi permintaan dan penawaran terhadap suatu barang
atau jasa, perlu dilakukan penelitian yang mendalam tentang perkembangan
permintaan dan jumlah pemasoknya.
Terdapat aspek pemasaran
dalam berwirausaha:
Spesifikasi
product
Aspek pemasaran
dalam kewirausahaan yang pertama adalah spesifikasi produk dan product
differentiation. Produk adalah setiap hal yang bisa berupa barang atau jasa
yang ditawarkan kepada konsumen. Barang atau jasa ini diharapkan dapat memenuhi
apa yang mereka butuhkan sekaligus memberikan mereka kepuasan.
Hal-hal tentang
detail mengenai produk yang akan ditawarkan kepada konsumen merupakan bagian
dari aspek pemasaran. Spesifikasi produk tersebut misalnya saja bagaimana
bentuknya secara fisik, apa mereknya, bagaimana produk tersebut dikemas, apakah
disertai garansi dan lain sebagainya.
Sebuah produk baru bisa Anda
kembangkan jika Anda sudah mengetahui secara pasti apa keperluan dan kebutuhan
pasarnya. Hal ini karena tidak mungkin Anda memasarkan suatu produk jika tidak
ada permintaan yang potensial dan kontinyu dari pasar.
Segmentasi
Pasar
Aspek
pemasaran dalam kewirausahaan selanjutnya adalah segmentasi pasar. Jika
analisis spesifikasi produk dan perbedaannya didasarkan pada pemisahan dan
pengkhususan produk-produk, maka segmentasi pasar analisanya berdasarkan
pemisahan dan pengkhususan pada calon kelompok pembeli potensial.
Terdapat pasar yang sifatnya homogen atau hanya menjual satu
barang saja namun yang sering disasar kebanyakan pengusaha adalah pasar
heterogen.
Pasar ini adalah pasar yang menjual lebih dari satu barang atau
jasa. Oleh karena itu sangat penting kiranya untuk melakukan segmentasi pasar
atau pemisahannya. Dengan diadakan segmentasi pasar maka Anda akan lebih mudah
dalam menjual barang/jasa yang Anda tawarkan.
Jadi sebuah perusahaan yang ingin mendapatkan keuntungan maksimal
harus membagi pasar yang pada mulanya bersifat heterogen menjadi satuan pasar
yang bersifat homogen. Inilah yang disebut segmentasi pasar. Nantinya setelah
perusahaan tersebut menentukan segmen pasar baru setelahnya bisa mengalokasikan
segala sumber daya ke pasar yang sudah homogen tersebut.
Analisa Pasar dan Peramalan Permintaan.
Analisa pasar merupakan hal yang cukup penting. Analisa ini akan membuat aktivitas pemasaran semakin tepat sasaran. Selain itu, seorang wirausaha juga dapat lebih memahami seperti apa situasi, jenis produk, keadaan, dan bentuk promosi yang akan diberikan kepada konsumen.
Analisa pasar merupakan langkah pertama dalam merencanakan strategi yang sesusai dengan kondisi pasar untuk menangkap peluang dan mengembangkan usaha. Pada umumnya analisis ini akan menghasilkan pembaharuan dalam bentuk pemasaran, keuntungan yang diperoleh jika membeli suatu produk seperti diskon dalam situasi dan keadaan tertentu atau berupa hadiah langsung.
Analisa pasar merupakan hal yang cukup penting. Analisa ini akan membuat aktivitas pemasaran semakin tepat sasaran. Selain itu, seorang wirausaha juga dapat lebih memahami seperti apa situasi, jenis produk, keadaan, dan bentuk promosi yang akan diberikan kepada konsumen.
Analisa pasar merupakan langkah pertama dalam merencanakan strategi yang sesusai dengan kondisi pasar untuk menangkap peluang dan mengembangkan usaha. Pada umumnya analisis ini akan menghasilkan pembaharuan dalam bentuk pemasaran, keuntungan yang diperoleh jika membeli suatu produk seperti diskon dalam situasi dan keadaan tertentu atau berupa hadiah langsung.
Analisa Pesaing.
Analisa pesaing adalah satu dari aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis yang cukup siginifikan. Analisis aspek pemasaran ini menjadi penentu dimana posisi kita dalam dunia bisnis. Pesaing merupakan perusahaan yang memproduksi atau memasarkan barang dan jasa yang memiliki kemiripan dengan produk yang kita hasilkan / tawarkan.
Analisa pesaing adalah satu dari aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis yang cukup siginifikan. Analisis aspek pemasaran ini menjadi penentu dimana posisi kita dalam dunia bisnis. Pesaing merupakan perusahaan yang memproduksi atau memasarkan barang dan jasa yang memiliki kemiripan dengan produk yang kita hasilkan / tawarkan.
Analisa pesaing yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan
identifikasi terhadap kesempatan, ancaman atau persoalan strategis yang timbul
dari pergantian suasana bersaing yang potensial. Selain itu melakukan
identifikasi terkait kekuatan dan kelemahan pesaing perlu dilakukan untuk
melihat peluang yang ada. Analisa pesaing dapat diawali dengan melihat pesaing
umum dan pesaing potensial. Mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing merupakan
kunci dalam penyusunan strategi. Salah satunya adalah berusaha mengembangkan
kekuatan perusahaan untuk menutupi kelemahan pesaing. Analisa pesaing ini akan
berdampak pada meningkatnya produk maupun strategi pemasaran yang diterapkan.
Promosi.
Promosi juga merupakan aspek marketing yang penting. Promosi
adalah upaya dari penjual untuk menawarkan suatu produk kepada pembeli agar
melakukan pembelian. Dalam melakukan promosi, Anda dapat memberikan informasi
secara lengkap mengenai produk, serta menggunakan kata-kata dan aksi persuasif.
Anda dapat melakukan iklan, personal selling atau pun cara-cara promosi lain.
Itulah aspek marketing yang penting untuk Anda ketahui sebelum
memulai membuka bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar